admin/ January 1, 2019/ Kegiatan/ 0 comments

Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Pengembangan (WR-IV) Ir. Mustafa, M.T. pada 19 Desember 2018 sebagai PIC (Person in Change) ITM mengikuti Match-Up dengan BUMN, dimana BUMN difasilitasi oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI) yang diadakan di Graha BNI Jln. Jenderal Sudirman Jakarta.

Forum Human Capital Indonesia (FHCI) adalah wadah bagi para pengelola dan praktisi Manajemen Human Capital di lingkungan BUMN untuk saling berinteraksi, melakukan pembelajaran dan sinergi bagi para anggotanya untuk kemajuan pengelolaan Human Capital di Indonesia. FHCI bersama-sama memberikan pemikiran strategis dan kebijakan dalam bentuk saran, kajian, masukan, pendapat serta rekomendasi terkait dengan pengembangan Manajemen Human Capital di Indonesia. Maksud Program Magang Mahasiswa Bersertifikat ini adalah untuk menjawab tantangan SDM BUMN dimasa yang akan datang, menciptakan SDM unggul dengan kompetensi yang mumpuni melalui Pemagangan di BUMN dan Mencetak SDM yang berdaya saing global.

Tujuan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) ini adalah Menghadirkan Sinergi melalui BUMN Hadir Untuk Negeri, Kandidat rekrutment untuk BUMN terkait, dan Menciptakan SDM yang berjiwa Entreprenuer sesuai dengan kebutuhan BUMN. Program Magang Mahasiswa Bersertifikat dibagi menjadi 2 (dua) jenis pelaksanaan: (1) Magang Bersertifikat Kompetensi: Mahasiswa melaksanakan pemagangan sesuai dengan kompetensi Bidang yang menjadi persyaratan untuk menduduki posisi tersebut selama 6 (enam) bulan, Peserta Magang akan melaksanakan Uji Kompetensi sesuai dengan Kompetensi Bidang pada akhir masa pemagangan yang dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Nasional. (2) Magang Bersertifikat Industri: Mahasiswa melaksanakan pemagangan sesuai dengan project yang diberikan oleh pihak Industri selama 6 (enam) bulan, Peserta magang dinyatakan selesai mengikuti pemagangan setelah menyelesaikan pekerjaan dengan waktu yang telah di tentukan, yang kemudian diakui oleh pihak Industri dengan mengeluarkan Sertifikat Industri sesuai dengan project tersebut.

Pada acara tersebut PIC ITM dengan membawa berkas calon mahasiswa peserta magang sebanyak 28 orang ITM terplot/terserap 10 orang dari 28 orang mahasiswa yang mendaftar dengan rincian sbb: (1) PT Timah 4 orang di lokasi Bangka Belitung, 1 orang di lokasi Kundur Kepulauan Riau; (2) PT Pelabuhan Indonesia- I Medan sebanyak 3 orang; (3) PT Ady Karya Medan sebanyak 1 orang; dan (4) PT Perusahaan Gas Negara sebanyak 1 orang.

Magang di Perusahaan Timah ditanggung biaya transportasi dari Medan ke Lokasi Perusahaan (PP), Uang saku, Makan dan Minum, dan biaya psikotest yg dipercaya kepada Perguruan Tinggi dengan menggandeng lembaga psikotest resmi. Selain 10 orang yang sudah terplot ada 1 orang yang sedang di-match up-kan di Pertamina karena mereka minta Teknik Industri ternyata tidak ada yang mendaftar dari Medan. Mustafa sebagai PIC ITM membicarakan lebih lanjut dengan PIC Pertamina Jakarta untuk diplot mahasiswa Teknik Geologi dari ITM 1 orang. Saat ini sedang menunggu konfirmasi PIC Pertamina pusat dengan Pertamina Medan.

Mustafa mengatakan berdasarkan informasi sementara ada peluang beberapa slot untuk ditempatkan di Sumatra, Jawa, Kalimatan, Sulawesi, dan Papua. Menurut Mustafa juga menyatakan untuk mengoptimalkan kegiatan magang mahasiswa selama 6 bulan pihak pimpinan Perguruan Tinggi perlu membuat kebijakan tentang pemanfaatan waktu selama mahasiswa magang untuk dapat mengerjakan Tugas Skripsi, Kerja Praktek dan/atau paket-paket lain di lokasi magang yang sesuai kurikulum masing-masing jurusan/program studi. Selain itu perlu sosialisasi kepada mahasiswa terutama yang mendaftar periode sekarang. Bagi yang belum terplot akan didaftarkan kembali periode Juli-Desember 2019 yang akan dibuka pendaftaran pada April 2019.

Wakil Rektor–IV memaparkan lebih lanjut bahwa untuk lebih merata ke-10 Jurusan /Program Studi yang belum mendaftar silakan mempersiapkan diri untuk periode Juli-Desember 2019 yang akan dibuka April 2019. Manfaat Magang Mahasiswa Bersertifikat ini adalah mendapat peluang bekerja di BUMN, mempesingkat waktu tunggu mendapat pekerjaan, gaji pertama bekerja tinggi. grade lulusan bagus karena bekerja di BUMN, terjalin kerjasama dengan BUMN, dan lain-lain. Indikator ini sangat berpengaruh pada masyarakat karena harapan masyarakat anaknya cepat dapat kerja. Kondisi seperti ini di mata masyarakat Institut Teknoli Medan bermutu, sehingga banyak peminat masuk ke ITM.

Share this Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*