PROLOG

Bahan tambang adalah sumberdaya alam yang tidak dapat tumbuh dan dibudidayakan, artinya ketika sudah ambil dari bumi bahan tersebut akan habis, ia tak dapat hadir kembali, itulah sebabnya ia dikatakan sebagai sumberdaya alam yang tidak dapat diperbaharui (unrenewable resources).  Pada umumnya bahan tambag terdapat didalam perut bumi atau dibawah permukaan. Untuk dapat memanfaatkannya bahan tambang tersebut harus dipisahkan dari batuan asalnya (diambil dari dalam bumi). Proses mengambilnya itulah yang menjadi substansi kegiatan penambangan. Segala sesuatu yang terkait dengan pengambilannya disebut sebagai industri hulu. Jenis bahan galian yang akan ditambang akan sangat mempengaruhi metode, teknik, peralatan bahkan investasi yang dibutuhkan. Bahan tambang yang sudah sampai kepermukaan bumi, agar dapat digunakan (terutama bijih/logam seperti : emas, aluminium, besi, nikel dll), terlebih dahulu harus dilakukan pengolahan dan pemurnian. Proses pengolahan dan pemurnian ini disebut sebagai industri hilir. Ketika bahan tambang sudah dimanfaatkan, lokasi disekitarnya akan terkena dampak baik fisik lingkungan maupun non fisik seperti ekonomi dan sosial. Dampak yang timbul akibat penambangan tersebut harus dikelola.

Seseorang yang ingin bergabung bersama Jurusan Teknik Pertambangan ITM, berarti ia mau belajar tentang ragam jenis bahan galian, bagaimana mencarinya, bagimana metode dan teknik penambangnya, bagaimana mengolahnya, berapa investasi yang dibutuhkan, apa saja peraturan yang terkait, termasuk bagaimana menanggulangi dampak yang ditimbulkan.

 PROSPEK KERJA BAGI ALMUNI

Alumni Teknik pertambangan dapat bekerja dilintas sektoral antara lain :

  1. Industri Pertambangan

Industri ini merupakan user utama (baik swasta nasional, PMA maupun BUMN). Untuk di owner maupun di kontraktor. Seperti :

  1. Pertambangan bijih

Antara lain : ANTAM, Freeport, Newmont, Dairi Prima Mineral, AGINCOURT Resources, PT. TIMAH dan lain sebagainya,

  1. Industri tambang batubara seperti : Bukit Asam, Adaro, Berau Coal, Kaltim Prima Coal, Arutmin Indonesia, Tanito Harum, Allied Indo Coal, Indoraya Tambang Megah dll.
  2. Mineral Industri : Perusahaan-perusahaan yang meng-usahakan komoditas: kaolin, fosfat, granit, marmer, gipsum, lempung, feldspar, bentonit, kuarsa, batu kapur, zeolit, trass, barit, batu andesit, sirtu, pasir, belerang seperti PT. Karimun granit.

 

  1. Industri Lain
    1. Kontraktor/Alat Berat : PT. Trakindo Utama, Pamapersada Nusantara , PT. United Tractor, Macmahon dll.
    2. Semen: PT. Semen Cibinong, PT. Semen Gresik, PT. Indocement, PT. Semen Padang, PT. SAI dll.
    3. Perusahaan Pembangkit Listrik
    4. Pertamina dan perusahaan minyak lainnya
  • Jasa Umum/Konsultan
    1. Perbankan, Bursa Efek
    2. Konsultan Pertambangan
  1. Pemerintahan
    1. Birokrat (Aparatur Sipil Negara), Lembaga-negara (SKK Migas, BUMN)
  2. Pengajar, Peneliti